AYO FOLLOW

Hotel Tematik di Jl. Suryakencana, Bogor



Salah satu plus poin dari hotel ini adalah lokasinya yang strategis bangettt. Sebelumnya waktu suka kulineran di jl. Suryakencana udah pernah lihat ada hotel di situ. Dari luar hotelnya kayak kecil dan biasa aja. Tapi pas nginep di sini, wah… homey banget deh suasananya. Interiornya itu berkonsep vintage Belanda kuno; dari lantainya, pintu-pintunya, sampai furnitur dan dekorasinya. Dapet banget deh desain dan suasananya.


Flash back sebelum ke sini...

Cerita kami bisa menginap di sini itu nggak disengaja. Bahkan nggak kepikiran sama sekali sama hotel ini karena dari penampakan depannya biasa banget. Waktu itu aku dan Trebla sotoy aja dateng ke Bogor dadakan (kayak tahu bulat) dan mengira kami bisa dapet hotel dengan mudah karena masih dalam masa PPKM. Tapi ternyataaa… orang-orang udah mulai melepas rindu liburan tampaknya. Akibatnya hotel-hotel fully-booked! Kalaupun ada kamar, biasanya kamar yang less wanted gitu deh. Hadeuh…

Setelah keliling sana-sini nggak dapet hotel akhirnya kami putusin untuk cari online. Trus dapet tuh hotel dari salah satu aplikasi booking hotel. Dari gambarnya bagus dan harganya sekitar Rp 400,000-an. Jadi kami pikir itu fair dan sesuai seperti yang terlihat pada aplikasi. Tapi pas sampe sana… wakwawww! Pertama lokasinya deket pasar jadi bau dan berisik banget. Pas cekin pun auranya udah nggak enak. Sampai di kamar, duh… ini sih bener-bener zonk banget. Itu kamar kayaknya nggak dibersihin dulu sebelum kami masuk, no amenities, dan bantalnya udah kempes dan dekil banget. Eww… Tadinya kami pasrah aja, tapi setelah nggak bisa tidur dan berasa cekit-cekit di badan, kami putusin untuk pindah. Saya kasih bocoran nama hotelnya; kalau di-Indonesiain namanya jadi "Hotel Spasi."


Belva Huis

Pas browsing lagi, baru deh ketemu sama Belva Huis. Setelah baca-baca review-nya yang oke, kita telepon untuk cek availability. Dewi fortuna sepertinya masih mau nolongin; ada satu kamar available yang tersisa. Phew! Kami langsung cusss… menuju lokasi.

Pas udah di jl. Suryakencana sempet kelewatan lho beberapa kali sama hotel ini karena tulisannya ketutup semak kalo nggak salah. Jadi cuma keliatan dua huruf depannya aja. Baru ngeh kalo Belva Huis eksis di jl. Suryakencana setelah lihat map dan bolak-balik berulang-ulang. Hahaha… ini hotelnya yang terkamuflase atau kaminya yang rada-rada ya? Hahaha… Dan pas parkir baru inget deh, ooh… hotel ini toh.

Masuk dari pintu depan Belva Huis, suasananya udah enak banget. Beda banget sama hotel kami yang sebelumnya, huhuhu. Pas masuk dan ditunjukin kamarnya, langsung berasa lega deh. Akhirnya dapet juga hotel yang descent untuk getaway singkat kami. Hotelnya dan kamarnya looks clean and brand new. Kamar mandinya modelnya memanjang dan lebarnya saya akui cukup sempit karena duduk di toilet kakinya nggak bisa lurus tapi harus nyamping atau ngangkang dikit. Wkwkwk. Tapi kebersihannya sih oke banget, no complaint. Terdapat beberapa amenities termasuk air mineral dua botol. Penting itu! Malam itu akhirnya kami bisa tidur dengan nyenyak.


Pagi di jl. Suryakencana

Bangun pagi, mandi, keluar hotel, eh… udah di jl. Suryakencana. Kami langsung browsing kuliner untuk makan pagi. Ini tuh berasa kayak nginep di salah satu hotel di jl. Legian, Bali gitu lho. Pagi-pagi bangun udah langsung ada di spot wisata. Strategis banget deh posisinya.Pagi itu kami makan sekba karena yang lain banyak yang belum buka karena kepagian, hehehe.

Setelah makan pagi, kami leyeh-leyeh sebentar di hotel sebelum melanjutkan perjalanan. Kemarin malamnya kan kami nggak sempat lihat-lihat dan mengagumi interior hotelnya. Nah, pagi ini baru melek deh tuh… interiornya nggak mevvah tapi pas banget, homey dan tematik gitu. Sampek mikir gimana caranya bisa punya rumah yang suasananya berasa homey begini. Rasanya tuh kayak pulang ke rumah nenek walaupun rumah nenek saya juga nggak kayak gini sih. Hahaha…


Not my grandma’s house

Belva Huis ini sepertinya menggunakan bangunan lama di jl. Suryakencana yang terbagi menjadi beberapa section yang dipisahkan dengan pintu. Masuk dari parkiran, kita akan disambut dengan meja front office dan coffee shop. Dari situ ada pintu lagi yang menuju ruang restoran. Lalu ada pintu lagi yang menuju kamar-kamar dengan taman indoor kecil yang asri. Setelah itu kita akan dibawa ke area kamar-kamar yang berada di lorong. Sampai di situ, belum selesai. Masih ada pintu lagi yang menuju kamar-kamar dengan taman belakang dengan meja dan kursi untuk hangout dan kolam ikan.

Yang lucu di kolam ikannya itu ada signage yang bunyinya, “Dilarang mencuci tangan di kolam ikan.” Ada ya orang cuci tangan di kolam ikan? Aya aya wae.

Trus yang cakep lagi itu pertama lantainya. Lantainya itu pake tegel motif tradisional yang berbeda-beda antara ruang restoran, lorong, dan kamar hotel. Walaupun berbeda-beda tapi artistik dan nggak terkesan norak. Kedua, perpaduan antara kusen, pintu, dan jendelanya. Ada satu pintu yang menghubungkan ruang restoran dengan area kamar yang pertama yang menggunakan kaca patri warna-warni dan ukiran logam untuk ventilasi di atasnya. Cantik dan klasik sekali. Ketiga, dekorasinya. Ada mesin jahit kuno yang dipajang di area kamar pertama di depan taman. Lalu ada berbagai macam alat musik klasik di lorong area kamar yang kedua yang menambah kesan vintage dari hotel ini.


It’s ciao time

Walaupun nggak lama, tapi menginap di Belva Huis cukup memorable buat saya karena auranya yang homey, staff-nya yang ramah-ramah, lokasinya yang stragegis, dan juga value for money-nya. Oya lupa mention; rate Belva Huis per malam waktu itu di weekend Rp 325,000 aja, lebih murah daripada hotel kami yang bapuk sebelumnya, huh. Lain kali kalau ke Bogor pasti banget nginepnya di Belva Huis aja. Hotel tematik seperti ini lebih menarik daripada hotel yang suasananya hotel aja gitu, kayak sama di mana-mana. Kalau teman-teman pergi ke Bogor boleh dicoba untuk menginap di Belva Huis.


Komentar