AYO FOLLOW

Hasil Tes DNA dengan Kit dari MyHeritage DNA


Yay... hasil tes DNA saya dari MyHeritage DNA akhirnya udah muncul. Excited banget buat liat hasilnya. Sebelum baca ini, baca dulu ya: Cara Tes DNA dengan MyHeritage DNA biar tahu gimana caranya tes DNA dengan kit dari MyHeritage DNA.


Daftar Isi


TAMPILAN AWAL

Hasil tes DNA di MyHeritage DNA bisa dilihat melalui website myheritage.com. Buka situsnya dan masuk ke akun kita. Tampilan awal dari hasil tes DNA kita berupa persentase dan peta geografis.

Dan, inilah hasil tes DNA saya:


tampilan awal hasil tes DNA di MyHeritage DNA

62.9% Chinese & Vietnamese; 20.0% Filipino, Indonesian, and Malay; 15.8% Thai & Cambodian; 1.3% Finnish.

Wow! Sebelum hasil ini keluar, saya yakin banget kalau saya 100% Asia. Secara penampakan nggak ada yang menunjukkan bahwa saya ada keturunan etnis lain apalagi dari Eropa. Eh, ternyata ada walaupun cuma 1.3%.


FULL ETHNICITY ESTIMATE

Dari halaman ini lalu kita bisa klik "View Full Ethnicity Estimate" untuk melihat report selanjutnya. Nah, report ini kemudian menjadi lebih komplit lagi. Ada empat bagian:

OverviewEthnicity EstimateDNA MatchesDNA Tools


1. OVERVIEW

Di bagian Overview ada informasi sebagai berikut:

- Ethnicity Estimate: estimasi etnis dalam persen. Persentase etnis di bawah 20% digabungkan menjadi "other ethnicities."


estimasi kasaran etnis berdasarkan hasil tes DNA


- DNA Matches: jumlah orang-orang yang DNA-nya cocok dengan kita. Ini dibagi lagi menjadi tiga: close family, extended family, dan distant relatives. Menurut report saya, dari sekian banyak orang yang melakukan tes DNA dengan MyHeritage DNA yang punya kecocokan DNA dengan saya ada 21 orang. Maka 21 orang ini menjadi distant relatives saya alias sodara yang jauuuh banget. Hehehe...


kecocokan segmen DNA dengan orang-orang yang mengambil tes di MyHeritage DNA


- Locations: DNA matches dilihat dari persebaran lokasinya. Tersebar di mana aja nih saudara-saudara jauh kita.


lokasi distant relatives saya



- Ethnicity: DNA matches dilihat dari etnisnya. Ini lebih detail lagi dibandingkan ethnicity estimate.  


ethnicity saya ternyata secara detail cukup beragam


2. ETHNICITY ESTIMATE

Bagian ini agak mirip sama tampilan awal. Tapi bedanya di setiap ethnicity kita bisa klik dan muncul informasinya yang lebih detail. Yang lucu ada tombol musik yang kalo diklik muncul suara musik tradisional daerah tersebut.

informasi yang lebih detail mengenai karakter dan pergerakan etnis.


3. DNA MATCHES

Ini informasi yang cukup seru. Kalau di medsos kita bisa membangun jejaring sosial, di sini kita bisa membangun jejaring DNA. Menurut tes DNA saya, ada 21 orang yang melakukan tes DNA dengan MyHeritage DNA yang segmen DNA-nya sama dengan saya.

• Di bagian paling kiri, kita bisa view profile mereka. Kemudian bisa invite, kontak, bahkan membangun family tree dengan mereka. Seru yah. 


list DNA Matches alias "saudara-saudara" kita

• Di bagian kedua dari kiri disebutkan estimasi hubungan kita sama mereka dan tingkat keyakinannya. Yang punya saya ini bahkan ada yang bisa kebaca bahwa dia adalah sepupu ketiga sampai kelima. Kalau diklik icon informasi akan muncul seperti ini:

posisi relatives orang ini terhadap saya adalah yang di-highlight warna ungu

• Di bagian kedua dari kanan adalah informasi mengenai kualitas kecocokan DNA, seperti shared DNA, shared segment, dan largest segment. Definisinya apa? Njelimet kalau dijelasin. Intinya semakin tinggi angkanya semakin besar kemungkinan hubungan darahnya.

• Di bagian paling kanan kita bisa review DNA match. di bagian ini ada:

  • ancestral surnames, apakah DNA kita terdeteksi masuk ke dalam marga yang umumnya ada.
  • pedigree charts, yaitu semacam family tree.
  • shared ethnicities and genetic groups [layanan yang berbayar lagi, hahaha].
  • chromosome browser – shared DNA segments, adalah kecenderungan bagian DNA kita dan relatives untuk diturunkan dari nenek moyang yang sama.

walaupun sepotong-sepotong tapi ada segmen yang sama


4. DNA TOOLS

Di bagian ini ada berbagai macam tools terkait DNA seperti chromosome browser, autoclusters, dan ethnicity map. 

DNA Tools - MyHeritage DNA


- Chromosom Browser: Ini mirip deh sama yang chromosom browser di atas, cuma bedanya yang ini bisa membandingkan lebih dari 1 orang. Seperti gambar di bawah, saya bandingin saya dengan empat orang lainnya.

segmen DNA yang sama dengan DNA matches bisa dilihat dari warnanya


AutoClusters: tool otomatis yang mengorganisir DNA Matches (kita dan "saudara-saudara jauh") ke dalam suatu klaster dengan peluang keturunan moyang yang sama. Layanan ini berbayar lagi, duh. Contoh tampilannya seperti di bawah.

ini contoh aja, kalau klik "Generate" nanti langsung masuk halaman pricing


Ethnicities Map: di sini kita bisa melihat etnis-etnis yang umumnya ada pada suatu negara atau sebaliknya; negara-negara di mana suatu etnis berada berdasarkan para pengguna tes DNA ari MyHeritage DNA.

Saya kasih 2 contoh: berdasarkan negara dan berdasarkan etnis.


etnis-etnis terbesar yang ada di Indonesia


negara-negara di mana kebanyakan etnisnya adalah Chinese & Vietnamese


KESIMPULAN SAYA

Mengenai tes DNA MyHeritage DNA

Menurut saya report ancestry dari MyHeritage DNA terlalu broad, kurang sempit dan mendetail (saya lihat di YouTube orang-orang lain yang sudah ambil dan membandingkan berbagai tes DNA).

Misalnya kayak Filipino, Indonesian, and Malay itu kan luas banget ya. Kalau tes DNA merek lain saya lihat ada yang bisa lebih agak sempit lagi. Belum lagi nggak ada health report-nya.

Hasil akhirnya pun cuma berupa persentase. Kalau di merek lain tuh saya lihat ada yang bisa sampai melihat pergerakan geografis dari sisi paternal dan maternal. Cukup detail dan menarik banget.

Kemudian ada layanan-layanan yang berbayar lagi yang model bisnisnya subscription per bulan (ada akun Premium $4.08/bulan, Premium Plus $7.42/bulan, sampai Complete $9.92/bulan). Hadeuh, buat hal beginian aja musti sampai subscribe. Entah ya... mungkin ada orang yang niat banget mau bangun menemukan keluarga dan saudara-saudaranya yang hilang. Kalau saya sih skip aja deh.

Lain kali kalau ada kesempatan mungkin saya akan ambil dari 23andme yang ada health report-nya juga dan report ancestry-nya juga lebih komplit. Nah, kalau mau coba 23andme service-nya paling dekat di Singapura. Jadi nanti sekalian aja kalau jj ke sana deh. Hehe.

Overall mengenai tes DNA

Melakukan tes DNA untuk melihat garis keturunan walaupun tidak esensial menurut saya cukup menarik, menarik sekali bahkan. Saya kira saya sudah "kenal" dengan diri saya sendiri. Tapi kenyataannya nggak demikian. Di usia saya yang sudah terbilang cukup lama ada di dunia ini ternyata masih ada discoveries yang fascinating.

Tapi kalau kalian mau melakukan tes DNA lebih baik yang ada health report-nya sekalian biar nggak cuma buat fun tapi juga bisa membantu kualitas hidup ke depannya.

Lalu jika kalian berencana untuk melakukan tes DNA bareng keluarga atau saudara-saudara kalian sebaiknya ambil tes DNA dengan merek yang sama biar bisa dianalisis dan bangun family tree bareng.


BAHAN RENUNGAN

Tes DNA semacam ini, walaupun mungkin ada yang menganggap kurang penting tapi bagi saya ada pelajaran berharga yang bisa dipetik.

Kalau kalian membenci etnis tertentu, lakukanlah tes DNA. Jangan-jangan di dalam darah kalian mengandung DNA etnis tersebut. Hahaha.

Rasisme itu absurd karena individu zaman now itu rasnya udah campur aduk. Nggak ada atau mungkin jarang banget orang yang etnisnya masih 100% murni dari satu sumber aja.

Jadi, setelah membaca pengalaman saya ini, apakah kalian tertarik juga untuk tes DNA dan menguak asal muasal nenek moyang kalian? Atau menurut kalian tes DNA kayak gini cuma buang-buang uang?

Jangan lupa untuk like dan tulis komen kalian di bawah ya.


"There is no such thing as race. None.
There is just a human race - scientifically, anthropologically."
- Toni Morrison




Komentar