AYO FOLLOW

Cara Tes DNA dengan MyHeritage DNA


Pertama kali tahu tentang tes DNA waktu nonton YouTube-nya Mark Wiens, YouTuber Asia Amerika yang nikah sama orang Thailand. Waktu itu Mark pakai test DNA dari 23andMe. Dari tes itu dia bisa tahu origin-nya dia secara DNA tuh dari mana aja. Seru ya. Makanya jadi penasaran deh.

Akhirnya di ulang tahun saya di tahun 2021 ini, brondong super membelikan saya kit tes DNA dari Myheritage DNA. Yaaay! Langsung kita unboxing yuks...


DAFTAR ISI


Apa itu tes DNA?

Tes DNA yang saat ini sedang marak di pasaran intinya adalah suatu prosedur untuk mengetahui informasi genetika. Dengan tes DNA ini kita bisa mendapatkan informasi mengenai garis keturunan, food preference, sampai risiko penyakit tertentu.

Ada banyak DNA test kit di luar sana tapi setiap produsen memberikan report yang berbeda-beda dalam spektrum. Yang pasti ada adalah report garis keturunan (ethnicity & ancestry) walaupun cara penyajiannya juga berbeda-beda.

Merek-merek DNA test kit yang saya pernah dengar ada AncestrDNA, 23andMe, Living DNA, HomeDNA, dan MyHeritage DNA yang saya pakai.


packaging MyHeritage DNA

Unboxing

Packaging DNA test kit MyHeritage DNA berupa box dengan ukuran 12.5 x 17.5 cm2. Isi di dalamnya seperti di bawah ini:



Isi kit tes DNA dari MyHeritage DNA


1. DNA Kit Activation Reminder: semacam kartu reminder untuk melakukan aktivasi kit DNA sebelum mengirimkan sampel. Ternyata di tiap-tiap kit sudah ada kode yang harus diaktivasi terlebih dahulu.

2. Instructions Card: kartu ini yang penting karena ada petunjuk-petunjuk untuk pengambilan sampel. Untuk hasil yang terbaik, tidak boleh konsumsi apa-apa (termasuk air putih) setidaknya 30 menit sebelum pengambilan sampel.

3. Dua vials (botol kecil) yang berisi cairan: botol kecil untuk menyimpan alat swab setelah pengambilan sampel. Tingginya 4.5 cm.

4. Dua alat swab: beneran kayak alat swab buat tes antigen/PCR. Bentuknya cotton bud dengan tangkai yang lebih panjaaang dan ada batas hitam untuk mematahkannya biar bisa masuk ke vial.

5. Plastik bio hazard dengan zip lock dan kantong kapas: Vial yang sudah berisi sampel harus dibungkus dulu dengan kantong kapas sebelum dimasukkan ke plastik bio hazard.

6. Amplop untuk mengirimkan sampel saliva: selesai mengambil sampel, plastik bio hazard dimasukkan ke dalam amplop ini dan bisa langsung dikirimkan karena sudah ada alamatnya. Di bagian dalamnya juga ada bubble wrap jadi botol vial aman untuk dikirimkan.


Instruksi untuk pengambilan sampel dengan MyHeritage DNA

Pengambilan Sampel

1. Karena nggak boleh makan atau minum apapun setidaknya 30 menit sebelum pengambilan sampel, maka saya ambil sampel segera setelah bangun tidur. Waktu tunggunya udah lebih banget deh tuh dari 30 menit. Hehehe.

2. Buka alat swab dan ambil sampel dari salah satu pipi bagian dalam, misalnya pipi kiri antara 30-60 detik.

3. Buka botol vial dan masukkan alat swab lalu patahkan di tanda hitam. Karena sudah ada garis penandanya jadi gampang banget buat patahin. Kemudian tutup botol vial dengan rapat.

4. Ulangi untuk sisi pipi yang satunya.

5. Masukkan botol vial yang sudah berisi sampel ke kantong kapas, lalu ke plastik bio hazard, dan zip.

6. Masukkan plastik bio hazard di poin 5 ke dalam amplop, tutup rapat (sudah ada double-tape).

7. Kirimkan dengan ekspedisi.

8. Tunggu hasilnya antara 4-6 minggu.


Mengirimkan Sampel

Salah satu kelemahan dari DNA test kit MyHeritage DNA adalah tidak termasuk postage alias untuk mengirimkan sampel kita harus bayar sendiri. Pengiriman ke Amerika dengan DHL butuh waktu 4 hari kerja dengan biaya Rp 1,500,000. Mayan juga ini udah balapan sama harga kit-nya.

Akhirnya kita pakai Pos Indonesia aja, biayanya cuma Rp 89,000 dengan durasi pengiriman 10 hari kerja. Jauh banget ya cost-nya... Hahaha.


amplop dengan alamat yang sudah tercantum


Untuk mengirimkan paket ke luar negeri dari Pos Indonesia kita harus megisi form CDS atau Custom Declaration System. Informasi yang harus diberikan mencakup nama, alamat, nomor KTP, alanat tujuan, dan informasi barang yang dikirimkan seperti nama barang, jumlah, berat bersih, total berat, value, serta total value.


Form Custom Declaration System


Setelah diambil, sampel harus cepat-cepat dikirim jangan sampai lewat satu bulan karena itu akan mempengaruhi keakuratan hasil tes DNA-nya. Saya ambil sampel tanggal 9 Oktober 2021 dan mengirimkannya tanggal 12 Oktober 2021.

Dengan estimasi 10 hari kerja, seharusnya saya bisa menerima report 4-6 minggu dari tanggal 26 Oktober 2021. Hasilnya bisa dibaca di sini: Hasil Tes DNA NyHeritage DNA.


Gunanya tes DNA

Sebenarnya tes DNA paling berguna untuk urusan kesehatan. Dengan health report dari tes DNA kita jadi bisa lebih terinformasi mengenai kecenderungan penyakit untuk pencegahan ataupun membantu kita membuat keputusan apapun terkait kesehatan.

Selain itu juga ada informasi tentang kelainan genetik yang bisa kita turunkan ke generasi kita. Tapi sayangnya Myheritage DNA yang saya pakai tidak memberikan health report apapun.

Benefit selebihnya adalah terkait dengan garis keturunan. Kita bisa mengetahui asa-muasal nenek moyang kita, "bertemu" dengan saudara jauh (atau dekat) yang kita belum pernah kenal di belahan dunia lain,  sampai bikin family tree.

Walaupun semua informasi mengenai garis keturunan itu kedengarannya cuma kayak sounds fun aja, tapi saya rasa hal itu bisa menyadarkan kita bahwa dunia itu luas (atau sempit). Tidak ada satu orang pun yang mengambil tes DNA ini mendapatkan hasil yang homogen.

Jadi nggak usah terlalu bangga bahwa kita berasal dari ras tertentu (atau mencemooh dan merendahkan ras yang lain) karena percampuran itu terjadi di mana-mana. Manusia adalah manusia terlepas dari apapun rasnya. We are the global citizens.

Komentar

  1. Hey, terima kasih. Duluuu aku pernah berhasil kirim beberapa kit FTDNA. Tapi last year ya itu... beli MyHeritage tapi kirimannya dikembalikan huhuhu (pas udah jaman bikin formulir custom baru). Semoga aku bisa kirim MyHeritage kit lagi deh. Terima kasih reviewnyaA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kok bisa dikembalikan? Semoga next time bisa berhasil kirim dan dapet hasilnya ya. Salam kenal...

      Hapus

Posting Komentar

Komen dong...